Friday, November 6, 2009

Khasiat Buah Anggur

Hampir setiap orang menyukai buah anggur, selain rasanya segar ternyata buah anggur mengandung berbagai Khasiat yang sangat berguna bagi kesihatan tubuh manusia.
Siapa yang tidak suka buah anggur? Bagi penggemar buah - buahan, anggur pasti menjadi salah satu favorit yang tidak mungkin ditinggalkan. Buah ini memiliki rasa yang manis dan kaya dengan berbagai vitamin. Kerana itu tak berlebihan jika kita mengatakan Khasiat Buah Anggur begitu banyak dan sangat berguna bagi kehidupan manusia.

Anggur berasal dari Armenia, sedangkan anggur sudah dikembangkan di Timur Tengah sejak 4000 SM. Organisasi Kesihatan Dunia (WHO) menggolongkan anggur dalam jenis buah sihat penurun kolesterol, karena kandungan serat larut dalm air (soluble fiber) yang tinggi seperti halnya wortel, jeru, dan apel.

Anggur juga mengandung hormon melatonin. Melatonin diketahui terdapat pada manusia dan haiwan mamalia, yang dibentuk dari glandula pineal dalam otak, tractus gastrointestinal, dan retina. Hormon ini bisa mengatasi gangguan tidur atau insomnia. Karena itu, anggur sangat baik bagi mereka yang sering melakukan kegiatan fisik dan mental. Belakangan anggur dijadikan bahan baku dalam melakukan spa buah.

Allah SWT telah menyebut mengenai buah Anggur di dalam Al-Qur'an. Semua perkara yang berkaitan denga buah anggur di dalam Al-Quran melambangkan nikmat dan karunia Allah SWT kepada hamba_nya.

Buah Anggur dikenal sebagai Vitis Vinifera yaitu dari Family Vitaceae merupakan buah yang paling baik dan banyak manfaatnya bagi manusia atau binatang. Anggur boleh dimakan kering maupun basah, anggur juga digunakan untuk membuat jus anggur dan arak. Tetapi untuk dibuat arak , itu diharamkan dalam ajaran Agama Islam.

Sumber yang terdapat dalam anggur seperti mineral ( kalsium dan fosforus), vitamin A dan B, serta gula (glukosa dan frktos). Kandungan yang terdapat dalam buah anggur diperlukan oleh limpa manusia yang berguna sebagai simpanan dan akan dikeluarkan ketika diperlukan, seperti ketika berpuasa. Boleh juga membuat Resep Tradisional dengan menggunakan bahan dasar anggur untuk mengubati berbagai macam penyakit.

Walaupun buah anggur merupakan buah yang sangat baik, sumber kekuatan, obat tradisional, minuman yang menyegarkan, tetapi tetap saja jika dikonsumsi berlebihan akan mengakibatkan dampak yang kurang baik, terutama pada kepala yaitu sakit kepala.

Sebagaimana tertulis dalam Al- Qur'an Surat Al-An'am ayat 99, yang kuran lebih artinya," Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang bayak, dan dari mayang kurma yang mengurai tangkai - angkainya yang menjulai, dan kebun -kebun anggur, dan Kami ( keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa.

Anggur buah yang banyak dijadikan untuk bahan minuman segar, dan bisa juga langsung dimakan akan menguatkan jantung, anti kanker, anti bakteri dan mengandung antioksidan.

Post a Comment

Blog Archive

  © Blogger template AutumnFall by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP